Rabu, 12 September 2012

Internet adalah jaringan komputer yang terhubung secara internasional dan tersebar di seluruh dunia. Jaringan ini meliputi jutaan pesawat komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya dengan memanfaatkan jaringan telepon (baik kabel maupun gelombang elektromagnetik).Jaringan jutaan komputer ini memungkinkan berbagai aplikasi dilaksanakan antar komputer dalam jaringan internet dengan dukungan software dan hardware yang dibutuhkan. Untuk bergabung dalam jaringan ini, satu pihak ( dalam hal ini provider ) harus memiliki program aplikasi serta bank data yang menyediakan informasi dan data yang dapat di akses oleh pihak lain yang tergabung dalam internet.
Pihak yang telah tergabung dalam jaringan ini akan memiliki alamat tersendiri ( bagaikan nomor telepon ) yang dapat dihubungi melalui jaringan internet. Provider inilah yang menjadi server bagi pihak-pihak yang memiliki personal komputer ( PC ) untuk menjadi pelanggan ataupun untuk mengakses internet.
Sejalan dengan perkembangan zaman, kemajuan teknologi internet juga semakin maju. ‘Internet’ adalah jaringan komputer yang dapat menghubungkan suatu komputer atau jaringan komputer dengan jaringan komputer lain, sehingga dapat berkomunikasi atau berbagi data tanpa melihat jenis komputer itu sendiri.
Pada tahun 1999, jumlah komputer yang telah dihubungkan dengan internet di seluruh dunia mencapai lebih dari 40 juta dan jumlah ini terus bertambah setiap hari. Saat ini jumlah situs web mencapai jutaan, bahkan mungkin trilyunan, isinya memuat bermacam-macam topik. Tentu saja, situs-situs itu menjadi sumber informasi baik yang positif ataupun negatif. Informasi dikatakan positif apabila bermanfaat untuk penelitiaan. Di bawah ini akan dijelaskan dampak-dampak positif maupun negatif dari penggunaan internet.
Dampak Positif:1.     Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia. 2.     Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah. 3.     Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat. 4.     Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi. 5.     Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain 6.     Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.Dampak Negatif
Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen ‘browser’ melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
Violence and Gore
Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat ‘menjual’ situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.

Penipuan
Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
Carding
Karena sifatnya yang ‘real time’ (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
Perjudian
Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.1.     Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face). 2.     Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi. 3.     Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang).
4.     Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut

Sumber : http://yudakuyudz.wordpress.com/2008/03/19/dampak-positif-dan-negatif-akibat-perkembangan-teknologi-internet/

177 Kritikan:

  1. informasi yang sangat bagus sekali

    BalasHapus
  2. jika salah digunakan memang internet bisa menjadi berbahaya bagi para generasi penerus bangsa.. tapi disamping itu dengan internet kita juga dapat mendapatkan wawasan yang lebih luas

    BalasHapus
  3. kemajuan pasti mempunyai dampak positif dan negatif, tinggal kitaya yg harus berhati hati,..

    BalasHapus
  4. yang penting kita hrs berhati hati dlm memanfaatkan kemajuan teknologi,...

    BalasHapus
  5. ini biasanya dicari sama anak SMP untuk tugas

    BalasHapus
  6. kak, di punyaku kok gak bisa persis sama punya kakak ya emoticon nya..apa yang salah kira2 kak??

    BalasHapus
  7. selagi kita bisa memilahmilah saya rasa tidak ada masalah iya kan??

    BalasHapus
  8. rasanya lebih banyak negatifnya deh sob.....

    BalasHapus
  9. makasih gan atas infonya
    salam kenal ya

    BalasHapus
  10. negativ atau positif efek internet tergantung dari masing2 pengguna

    BalasHapus
  11. Internet memang berbahaya bagi yang tidak bisa memanfaatkan dengan baik dan tidak bisa menghindari sisi negatif dari internet..tetapi, jika dia mengambil sisi positif dari internet, maka internet akan memberikan banyak sekali keuntungan...

    artikel yang bagus, dan sangat bermanfaat!
    salam sukses!

    BalasHapus
  12. harus hati" nih , apalagi anak kecil udah maen ke warnet

    BalasHapus
  13. Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

    BalasHapus
  14. Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

    BalasHapus
  15. terimakasih banyak atas informasinya!!!salam kenal dan semoga sukses ya...!

    BalasHapus
  16. internet seperti pisau bermata dua, harus ada kepedulian dari keluarga, pemerintah. dengan cara melakukan kampanye internet sehat, dan melakukan penyaringan kontent2 dewasa.

    ini belum cukup masih banyak hal lain, seperti penyedia warung internet, tidak hanya mengejar keuntungan semata.

    BalasHapus
  17. Bener banget gan, semoga kita bisa mengambil yang bermanfaatnya saja. Terimakasih

    BalasHapus
  18. selain itu terlalu sering menggunakan internet juga bisa membuat mata menjadi rusak...

    terimakasih gan udah mau berbagi :)

    BalasHapus
  19. memang banyak sih manfaat yang diperoleh dari internet, manfaat paling besar sih menurutku kita dapat mencari tahu segala sesuatu lewat internet mulai dari pengetahuan, kesehatan, tren, bahkan pornografi (ini yang gawatt)

    BalasHapus
  20. informasi yang sngt bermanaat terimakasih telah berbagi

    BalasHapus
  21. semoga dampak negatif itu bisa terjauh dari kita semua dan bisa menghindarinya

    BalasHapus
  22. informasi sunnguh sangat bermutu makasih banyak gan

    BalasHapus
  23. postingan yang sangat inovatif berkualitas dan sangat membantu dalam mendapatkan sebuah informasi

    BalasHapus
  24. bagus banget gan info nya..ane suka...

    BalasHapus
  25. tapi menurut saya di zaman yang serba modern ini internet udah di salah gunakan oleh sebagian orang. dan menurut saya dampak negatif lah yang paling banyak

    BalasHapus
  26. apa yang di katakan agan bener juga ya???

    BalasHapus
  27. Iya, semoga aja kit bisa ambil yang positifnya saja

    BalasHapus
  28. Nice info.
    Jangan menyalahkan internetnya, tapi semua kembali ke penggunanya :)

    BalasHapus
  29. semuanya tergantung pemakainya,,,

    BalasHapus
  30. semoga kita bisa memanfaatkan yang positifnya saja, biar bagaimanapun internet sudah memberikan kemudahan, terutama bisnis skala dunia,,kalau bisa memanfaatkan dengan baik dan benar maka banyak yang bisa di manfaatkan!

    salam sukses

    BalasHapus
  31. makasih gan infonyaa,semoga berguna

    BalasHapus
  32. Kita harus benar- benar pintar memilih ya gan

    BalasHapus
  33. berita baik dan buruk mudah sekali menyebar luas lewat internet sob...

    BalasHapus
  34. intinya kita harus bisa menyaring mana yang baik dan buruk... :)

    BalasHapus
  35. itu sih gimana karakter masing masing dari mreka gan... nex info

    BalasHapus
  36. informasinya sangat bermanfaat banget

    BalasHapus
  37. Memang banyak scam di dunia maya. Jadi harus lebih hati-hati. Banyak indikator yang harus diperhatikan

    BalasHapus
  38. Semua itu kembali ke penggunanya

    BalasHapus
  39. bermanfaat ni gan informasinya
    terimakasih ni

    BalasHapus
  40. dari aku sama
    itu tergantung si pengguna nya aj :)

    BalasHapus
  41. emang internet itu benar2 bisa menghasilkan dampak
    itu tergantung kita yang menggunakannya

    BalasHapus
  42. dampak negatifnya lebih banyak sob..

    BalasHapus
  43. terimakasih atas semua informasinya,,,

    BalasHapus
  44. sama-sama banyak nya antara dampak positif sama negatif nya...

    BalasHapus
  45. semoga kita semua para pengguna internet bisa menggunakan internet dengan lebih sehat.

    BalasHapus
  46. dampak positif dari internet bisa lebih banyak jika pornografi di internet sudah di hapus semua.

    BalasHapus
  47. artikel yang bagus..
    semoga bermanfaat untuk orang banyak..
    supaya sadar kalo internet itu akan lebih bagus kalo kita gunakan secara positif.

    BalasHapus
  48. itulah internet mempunyai dampak positif dan negatif bagaikan sebuah uang logam yang mempunyai dua sisi berbeda

    BalasHapus
  49. mantab gan infonya .. salam kenal :D

    BalasHapus
  50. Jaman emang sudah edan mas, kok bisa2nya ya ada orang yang memanfaatkan teknologi untuk berbuat negatif... huh ... -___-"

    BalasHapus
  51. penjelasan yang sangat lengkap dan lugas..nice posting sob...somoga artikelnya bisa dibaca orang banyak (happy blogging)

    BalasHapus
  52. positif dan negatif 50: 50 bisa bisanya aza kita pilih

    BalasHapus
  53. terimakasih bnyak sudah berbagi gan

    BalasHapus
  54. memang internet itu seperti 2 sisi mata pisau

    BalasHapus
  55. artikel yang sangat berbobot gan, bagus. memang setiap tekhnologi ada sisi baik dan buruknya, kita ambil saja sisi baiknya saja. setuju bukan?

    BalasHapus
  56. yang penting kita gunakan untuk kepentingan saja asal jangan digunakan untuk merugikan orang lain

    BalasHapus
  57. mantap sob..kunjungan pertama gan
    di tunggu kunjungan baliknya

    salam kenal gan..??

    BalasHapus
  58. Sangat Benar Sekali Itu..
    Artikel Yang Bermanfaat Sekali..

    BalasHapus
  59. informasi diatas bisa memberikan hal yang positif untuk menambah wawasan...
    terimakasih!

    BalasHapus
  60. Setuju sama agan, emang internet itu punya dampak positif sama negatif, tergantung penggunanya juga sih ya :D

    BalasHapus
  61. bisa bisanya kita menyaring yang baik dan yang benarnya aza ya

    BalasHapus
  62. harus bisa menyaring aja.. tapi kalo anak anak emank susah tapi kalau kita awasi g bakalan berani

    BalasHapus
  63. kinternet sangat di butuhkan kalo saya bnyak fositifnya

    BalasHapus
  64. semua orang pasti ingin yang bagus makanya kita harus milih yang bagus bagus

    BalasHapus
  65. ada baik ada buruk itu sudah biasa yang penting pinter pinternya kita aza

    BalasHapus
  66. Segala sesuatu pasti memiliki dampak positif dan negatif

    BalasHapus
  67. Diambil sisi positifnya saja

    BalasHapus
  68. ambil yang baiknya saja,,, kita juga kan udah pada tahu yang mana yang benar dan mana yang salah. Kembali Pada kepribadian kita masing masing gan..

    BalasHapus
  69. dunia ini semakin penuh kejahatan yah.. internet kan diciptakan untuk yang positif, bukan negatif.

    BalasHapus
  70. lihat dampak postifnya aja.. jangan niru yang negatif.. thanks gan udah sharing..

    BalasHapus
  71. terimakasih kang, saya jadi tahu sekarang.

    BalasHapus
  72. mantap gan infonya.... keep up your good posting.

    BalasHapus
  73. mantap gan infonya.... keep up your good posting.

    BalasHapus
  74. Ane yakin pasti artikrl ini sangat bermandaat bai demua orang.

    BalasHapus
  75. Tergantung orang yang menggunakannya ya gan.

    BalasHapus
  76. Sebisa mungkin sy harus menggunakn internet untuk hal positif....misalnya menuliskan komentar di sini.
    Hehehe..^^

    BalasHapus
  77. Segala sesuatu pasti ada efek negatif dan fositip....
    Paling bagaimana cara kita agar tidak terjerumus,salam kunjung ya!

    BalasHapus
  78. makasih telah sharing/bagi2 info dari dampak baik maupun buruk tentang internet....

    BalasHapus
  79. segala hal apapun pasti ada dampaknya entah positif/negatif dan itu semua tergantung pada manusianya...

    BalasHapus
  80. di lihat dari segi manusianya mudah terpengaruh yang mana???

    BalasHapus
  81. kalau di pikir pikir bener juga tuh apa kata agan

    sip deh

    BalasHapus
  82. Terimakasih banyak atas informasinya..!
    salam kenal dan semoga sukses selalu :)

    BalasHapus
  83. infonya bermanfaat sekali, makasih yaa

    BalasHapus
  84. sangat bermanfat sekali, terimakasih ya

    BalasHapus
  85. infonya sangat bermanfaat, makasih yaa

    BalasHapus
  86. sangat bermanfaat sekali, terimakasih yaa

    BalasHapus
  87. sangat bermanfaat makasih yaa

    BalasHapus
  88. Tapi kalau saya sih lebih memandang positif aja sob, soalnya saya sangat mengandalkan internet untuk media pemasaran saya :D

    BalasHapus
  89. Infonya bagus,,, sering2 update gan
    sukses selalu

    BalasHapus
  90. tergantung tujuan kita menggunakan nya, seperti kita mempergunakan pisau,.

    BalasHapus
  91. Membuat situs berkualitas akan membantu menyebarkan informasi positif. Semoga apa yang
    dikerjakan dengan situs ini selalu memberikan inspirasi dan motivasi untuk kemajuan daerahnya. Bravo

    BalasHapus
  92. situs yang banyak bermanfaat bagi para komunitasnya, tetap berkarya dan sukses!

    BalasHapus
  93. so pasti artikel agan masuk kategori yang positif karena bermanfaat,
    artikel yang menarik gan...........

    BalasHapus
  94. Terimakasih ya, artikel yang sangat menarik sekali, dampak positifnya tentu lebih banyak, asalkan kita gunakan dengan bijak..

    BalasHapus
  95. thanks atas info yang telah diberikan pasti bermanfaat dan berguna banget bagi saya thnks yah pak

    BalasHapus
  96. situs yang banyak bermanfaat bagi para komunitasnya, tetap berkarya dan sukses pak!

    BalasHapus

  97. terima kasih telah berbagi berita yang telah anda berikan.
    salam sejahtera Indonesia pak..

    BalasHapus

  98. """terimakasih. tambah terus artikelnya pak admin, agar masyarakat bisa mendapatkan tutorial yg lengkap

    BalasHapus
  99. Infonya sungguh sangat berguna pak admin... thanks ya.. |"""

    BalasHapus

  100. tulisan yang bagus dan bermanfaat sekali....terimakasih untuk postingannya! """

    BalasHapus
  101. terimakasih telah mau membagi pengetahuannya.. semoga menjadi berkah dan amal ibahdah

    BalasHapus
  102. terimakasih telah mau membagi pengetahuannya.. semoga menjadi berkah dan amal ibahdah
    """

    BalasHapus
  103. artikel yang bagus dan bermanfaat..makasih buat infonya
    """"

    BalasHapus
  104. nice share, semoga sukses selalu pak!
    """

    BalasHapus
  105. luar biasa sekali gan infonya .. artikel demi artikel penuh dengan makna dan motivasi

    BalasHapus
  106. segala sesuatu ada dampak positif dan negatifnya, terimakasih ya!

    BalasHapus
  107. terima kasih atas informasinya gan

    BalasHapus
  108. Semua itu tergantung penggunaannya masing-masing.

    BalasHapus
  109. Terimakasih atas infonya.

    BalasHapus
  110. artikelnya bagus gan menarik

    BalasHapus
  111. terimakasih infonya, cukup bermanfaat.

    BalasHapus
  112. Dampak dari teknologi internet memang bisa positif juga bisa negatif, untuk itu bijaksanalah dalam menggunakan jasa ini. Terima kasih sudah berbagi ilmu Gan. Salam sukses.

    BalasHapus

Peringatan !!!
Blog "DOFOLLOW" Sob
Jangan SPAM yee....