1/23/2016

4 Tips Mengatasi Dahak di Paru-paru

Dahak di paru-paru adalah hasil dari berbagai penyakit dan pada dasarnya adalah lendir dalam paru-paru manusia. Marilah kita tahu apa yang menyebabkan dahak ini dan cara mengatasi dahak di paru-paru.

Dahak dalam paru-paru dapat lebih sering terlihat pada orang yang menderita bronkitis, asma atau penderita dengan penyakit paru-paru kronis. Bagi orang-orang yang menderitanya, sangatlah penting untuk membersihkan dahak dari paru-paru, karena hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti sesak napas dan masalah di saluran pernafasan karena penyumbatan dapat terjadi kapan saja. Secara alami, dahak digambarkan sebagai lendir yang lengket dan tebal di paru-paru. Dahak tersebut diproduksi oleh sel-sel mukosa, yang terletak di jalur pernapasan di dalam tubuh manusia.

4 Tips Mengatasi Dahak di Paru-paru
Image via pixabay.com

Penyebab dahak di paru-paru

Dahak bisa disebabkan oleh pilek ringan bersama dengan penyebab serius lainnya. Tuberkulosis, pneumonia, iritasi, dan beberapa kondisi medis lain juga dapat menyebabkan dahak menjadi menggumpal di paru-paru. Iritasi juga menyebabkan masuknya partikel asing yang menyebabkan produksi berlebih lendir oleh sel mukosa. Semua penyebab ini harus ditangani dengan segera dan dengan cara yang benar.

Seiring dengan iritasi asap rokok, iritasi lainnya adalah debu dan asap dari unit pembakaran.
Alergi yang disebabkan oleh bulu hewan peliharaan juga dapat menyebabkan kondisi ini.
Pilek adalah penyebab utama dari dahak.
Penyakit yang dapat menyebabkan kondisi ini antara lain adalah pneumonia, asma, bekuan dalam pembuluh darah, dsb. Sebagian besar ini dapat menyebabkan batuk berdahak selama kurang lebih tiga minggu.

Infeksi bakteri atau virus pada paru-paru, seperti bronkitis, batuk rejan adalah penyebab umum lainnya yang menyebabkan dahak menjadi kental.
Kebanyakan obat pilek dan obat batuk kering dapat juga menyebabkan terjadinya lendir.
Pembentukan batuk dapat disebabkan oleh kondisi yang serius seperti halnya tuberkulosis atau infeksi paru-paru.

Tips

Anda dapat menggunakan metode yang efektif dan tepat untuk menangani batuk berdahak dalam paru-paru. Minum air putih adalah hal yang sanat penting untuk menghindari situasi yang jauh lebih buruk. Satu hal yang harus diingat adalah tidak minum minuman yang bersifat alkohol. Sirup obat batuk juga tidak boleh digunakan secara berlebihan karena hal ini akan menghasilkan dahak justru menjadi lebih kental.

Ada beberapa solusi yang membantu dalam mengurangi dahak yang berlebihan di paru-paru;

1. Buatlah ramuan dengan menggunakan daun kemangi, jahe, dan bubuk lada hitam. Ambil satu sendok teh masing-masing dan masukkan dalam satu setengah cangkir air. Rebus air sampai berkurang menjadi setengah ukuran aslinya. Tambahkan madu secukupnya untuk hasil rebusan tersebut. Bagilah seluruh rebusan dalam tiga bagian dan minumlah tiga kali sehari.

2. Untuk obat berikutnya, anda harus membuat jus jahe. Ambil satu sendok teh jahe dan tambahkan satu sendok teh madu. Minum ramuan ini tiga kali sehari.

3. Campur dua sendok makan jus lemon, satu sendok makan madu dan tambahkan cabe rawit. Jika anda tidak punya cabe rawit, anda juga dapat menggunakan bawang sebagai gantinya. Minum ramuan alami ini, setidaknya tiga kali sehari.

4. Selain tips di atas, untuk menghilangkan dahak, anda juga dapat meminum secangkir asir teh hangat yang dapat membantu dalam memerangi lendir.

Dahak di paru-paru tidak boleh diabaikan. Jika terjadi perubahan warna lendir menjadi coklat, hijau, abu-abu atau berkarat, maka hal ini menunjukkan adanya infeksi paru-paru. Dalam kasus seperti itu, peran dokter adalah sangat penting untuk perawatan lebih lanjut.

http://www.wedaran.com

Sebuah blog yang menyajikan konten berita unik, kesehatan, kisah, news dari sumber terpercaya dan masih banyak lagi.

3 komentar

ingin mendapatkan uang?
caranya gampang gaess coba kunjungi web saya banyak tips & tutorialnya...http://bit.ly/29UOCTY


EmoticonEmoticon