1/22/2016

Google Meraih Pendapatan 430 Triliun Rupiah dari Android

Google Meraih Pendapatan 430 Triliun Rupiah dari Android – Android yang saat ini manguasai pangsa pasar smartphone 82 persen di seluruh dunia. Pernahkah terpikir berapa penghasilan yang didapat dari Andoid. Berdasarkan data yang dirilis dari App Annie yang lalu memang Apple App Store memberikan keuntungan lebih, namun tidak disebutkan berapa nilainya.

Google Meraih Pendapatan 430 Triliun Rupiah dari Android
Image Via Pixabay.com

Diberitakan oleh Bloomberg, pengacara Oracle membeberkan berapa nilai pendapatan yang dihasilkan Google dari Android pada waktu dengar pendapat di pengadilan California. Pengacara tersebut mengatakan sejak Android dirils tahun 2008, Android telah menghasilkan pendapatan sebesar USD 31 miliar atau sekitar IDR 430 triliun. Sedangkan jumlah keuntungannya sebesar USD 22 miliar atau IDR 305 triliun dalam kurs yang saat ini.

Android mampu menghasilkan pendapatan dari iklan yang ditayangkan di Android dan penghasilan yang dihasilkan dari bagi hasil penjualan aplikasi Android di Google Play Store. Informasi mengenai pendapatan Android tersebut sebenarnya bukan untuk dikonsumsi publik dan hanya ditampilkan pada proses pengadilan. Baik Google dan Oracle tidak mau berkomentar mengenai hal itu.

Android milik Google digugat oleh Oracle karena dinilai telah menggunakan perangkat lunak Java dalam pengembangan Android tanpa izin dan tidak memberikan kompensasi atau royalti. Berdasarkan berita sebelumnya bahwa Google akan melepas API Java Oracle dan menggantinya dengan API OpenJDK untuk pengembangan Andoid N selanjutnya.

Berkat Android, smartphone menjadi terjangkau dan dapat dinikmati konsumen kalangan mana saja. Mudah-mudahan mereka segera mendapat kesepakatan.

sumber: http://chromplex.com

Sebuah blog yang menyajikan konten berita unik, kesehatan, kisah, news dari sumber terpercaya dan masih banyak lagi.