1/27/2016

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Setelah Makan

Seringkali seseorang merasa malas dan mengantuk setelah menyantap makanan utama. Oleh karena itu tak sedikit orang yang memilih melanjutkan aktivitas lainnya untuk menahan kantuk yang menyelinap, seperti dengan merokok atau menyeruput secangkir teh.

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Setelah Makan
Jangan Lakukan 5 Hal Ini Setelah Makan

Namun ternyata menurut para ahli, kebiasaan ini tidak baik bagi kesehatan. Lantas, kebiasaan apa lagi yang sering dilakukan orang setelah makan padahal itu tak baik bagi kesehatannya? Yuk, intip ulasannya lebih jauh seperti dilansir dari Zeenews.

1. Tidur

Para ahli menyarankan untuk tidak langsung bergegas tidur setelah makan. Alasannya, perut akan terasa begah bahkan ketika sudah bangun tidur. Ini dikarenakan proses pencernaan makanan yang tidak sempurna ketika memutuskan tidur setelah makan.

2. Merokok

Merokok setelah makan, dampaknya setara dengan merokok 10 batang rokok. Merokok satu batang saja sudah berbahaya bagi kesehatan, apalagi 10 batang bukan?

3. Mandi

Menurut para ahli, mandi setelah makan berat bisa menunda proses pencernaan dalam tubuh. Darah di sekitar perut mengalir ke bagian tubuh lainnya ketika mandi setelah makan.

4. Makan buah

Buah adalah makanan penutup yang bergizi. Sayangnya buah tak akan dicerna dengan baik ketika Anda konsumsi secara langsung usai makan. Jadi, beri jeda, satu hingga dua jam untuk konsumsi buah setelah makan.

5. Teh

Menyeruput secangkir teh usai makan ternyata dapat mempengaruhi proses pencernaan. Selain itu kebiasaan ini juga berimbas pada buruknya penyerapan zat besi oleh tubuh. Jadi, beri jeda untuk minum teh setelah makan setidaknya dua jam kemudian.

Suara.com

Sebuah blog yang menyajikan konten berita unik, kesehatan, kisah, news dari sumber terpercaya dan masih banyak lagi.

1 komentar so far


EmoticonEmoticon