1/23/2016

Jangan Remehkan Gangguan Pencernaan/ Sakit Perut

Banyak orang yang menganggap jika kita mengalami gangguan pada saluran pencernaan maka penyebab utamanya adalah makanan yang kita konsumsi. Biasanya, orang akan menunggu untuk buang air besar sehingga banyak racun yang ikut terbawa pada makanan tersebut akan terbuang dan perut pun akan tidak lagi bermasalah. Gangguan pada saluran pencernaan ternyata tidak semudah pola pikir tersebut. Ada banyak sekali gangguan pencernaan yang jika kita biarkan begitu saja bisa jadi akan menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya. Apa sajakah gangguan-gangguan pencernaan yang wajib kita waspadai?

Jangan Remehkan Gangguan Pencernaan/ Sakit Perut
Image via pixabay.com

Kita tentu sering mengalami perut yang terasa sangat tidak nyaman atau sebah setelah makan. Banyak orang yang berpikir jika masalah ini disebabkan karena kita makan terlalu banyak atau terlalu cepat. Jika kita terus mengulangi kebiasaan ini, maka bisa jadi otot-otot pada lambung dan juga usus akan mengalami kerusakan karena tidak sempurnanya makanan yang kita kunyah. Cobalah untuk makan dengan lebih tenang sehingga kita bisa memberi waktu pada saluran pencernaan untuk mencerna makanan dengan lebih rileks dan lebih baik.

Gangguan pencernaan berikutnya adalah rasa mulas atau yang disebut sebagai gastro oesophageal reflux. Rasa mulas pada perut ini terjadi karena banyaknya asam perut yang berasal dari kerongkongan. Biasanya, rasa mulas akan muncul setelah kita mengkonsumsi makanan pedas dan berlemak atau setelah kita meminum minuman berkafein atau beralkohol secara berlebihan. Kita bisa mengatasi rasa mulas ini dengan cara mengkonsumsi makanan berserat tinggi yang diyakini membuat saluran pencernaan menjadi lebih lancar. Makanan layaknya roti gandum, buah, atau sayur-sayuran akan membantu membuat rasa mulas mereda. Selain itu, kita juga bisa minum air putih yang banyak agar otot-otot dalam saluran pencernaan bekerja dengan lebih baik.

Gangguan pencernaan terakhir adalah konstipasi atau yang disebut sebagai irritable bowel syndrome. Konstipasi sendiri kerap kali diikuti dengan perut kembung dan terasa sakit. Konstipasi yang terjadi berulang-ulang tentu bisa menyebabkan masalah pada saluran pencernaan sehingga kita tentu harus mengubah pola makan kita menjadi lebih sehat. Makanan berserat akan sangat baik bagi kita yang kerap mengalami masalah konstipasi karena bisa membuat saluran pencernaan menjadi jauh lebih lancar.

http://doktersehat.com/

Sebuah blog yang menyajikan konten berita unik, kesehatan, kisah, news dari sumber terpercaya dan masih banyak lagi.

2 komentar

Mau titip link? boleh saja asal jangan menggunakan link aktif karena secara otomatis akan masuk folder spam, dan berkomentarlah yang sesuai dengan tema artikel, terimakasih.
EmoticonEmoticon