1/21/2016

Pakai Algoritma Kompresi Baru, Google Chrome bakal lebih Hemat Data dan lebih Cepat

Aplikasi browser Google Chrome kini siap untuk menawarkan kemampuan browsing yang lebih cepat kepada para penggunanya. Terlebih lagi bagi mereka yang menggunakan paket data di smartphone dan tablet. Chrome terbaru juga menawarkan akses data yang lebih hemat. Hal ini bisa dicapai berkat penggunaan algoritma baru yang mereka sebut dengan nama Brotli.

Algoritma kompresi data Brotli ini sebenarnya telah diperkenalkan Google pada bulan September kemarin. Pihak Google sendiri mengatakan kalau algoritma kompresi data Brotli ini punya kemampuan lebih canggih jika dibandingkan dengan pendahulunya, yakni algoritma kompresi data Zopfli. Google mengklaim kalau Brotli bisa mengurangi ukuran sebuah file hingga 26 persen.

Google-Chrome (Image via: pixabay.com)

Seperti dikutip dari The Next Web, Google mengatakan kalau Brotli memberikan format data yang sepenuhnya baru dan lebih baik dibandingkan pendahulunya. Brotli pun tak hanya punya kemampuan lebih baik saat melakukan kompresi data, namun juga punya kemampuan dekompresi data yang lebih cepat jika dibandingkan dengan algoritma lain. Dan yang paling penting juga, Brotli membuat perangkat mobile jadi lebih hemat baterai.

Algoritma Brotli ini memang belum secara resmi dipakai Google pada aplikasi Chrome terbaru. Namun kalau penasaran dengan kinerja Brotli, bisa mencoba untuk mengunduh Chrome Canary yang merupakan aplikasi browser dari Google untuk sarana pengujian fitur baru. Dan Brotli ini diharapkan bakal bisa dimanfaatkan secara penuh oleh para pengguna internet dalam versi terbaru Chrome mendatang, baik untuk versi mobile ataupun desktop.

(BHK/www.beritateknologi.com)

Sebuah blog yang menyajikan konten berita unik, kesehatan, kisah, news dari sumber terpercaya dan masih banyak lagi.

1 komentar so far

Mau titip link? boleh saja asal jangan menggunakan link aktif karena secara otomatis akan masuk folder spam, dan berkomentarlah yang sesuai dengan tema artikel, terimakasih.
EmoticonEmoticon