1/23/2016

Penyebab Kesemutan Dan Mati Rasa Pada Kaki

Jempol kaki terasa kesemutan adakalanya merupakan pertanda adanya gangguan medis yang serius. Namun jempol kaki kesemutantidak semuanya penyebab jempol kaki kesemutan adalah penyakit parah. Ada pula penyebab ringan yang menjadi penyebab kesemutan pada jempol kaki. Pada umumnya, rasa kesemutan pada jempol kaki disebabkan pasokan darah yang kurang.

Hampir semua dari kita mungkin pernah mengalami masalah pada kaki. Beberapa orang juga mengabaikan masalah ini, sementara yang lain juga merasa takut. Masalah pada kaki dapat muncul dengan ditandai rasa sakit pada jari-jari kaki, tumit, engkel kaki, sampai dengan jempol kaki terasa kesemutan. Berikut adalah beberapa penyebab timbulnya masalah ini yang dapat beraneka ragam.

Penyebab Kesemutan Dan Mati Rasa Pada Kaki
Penyebab Kesemutan Dan Mati Rasa Pada Kaki  (image via pixabay.com)

Alas kaki

Memakai sepatu dengan ukuran yang tidak pas dapat menyebabkan jempol kaki menjadi kesemutan. Sepatu memberikan tekanan ke bawah pada kaki dan menyebabkan rasa sakit hingga kesemutan. Bahkan jika terlalu kuat, maka dapat menghambat laju darah ke arah jari-jari kaki. Pada kaum wanita sering terlihat kasus memakai sepatu dengan ukuran dan bentuk yang tidak sesuai dengan kaki. Pada akhirnya, hal ini dapat menyebabkan jari-jari kaki menjadi kesemutan.

Sirkulasi darah

Posisi kaki yang salah dalam jangka waktu yang lama seperti berdiri atau duduk dalam posisi yang tidak tepat, menjadi penyebab aliran darah menuju kaki menyempit. Pada kebanyakan kasus, kondisi ini akan reda dengan sendirinya. Jika kondisi ini tidak juga sembuh, maka mungkin saja terdapat penyebab lain yang mendasarinya.

Asam urat

Tingginya kadar asam urat dapat menjadi salah satu penyebab gout, yang dapat menyebabkan jempol kaki kesemutan. Untuk masalah ini harus melakukan tes untuk mengetahui kadar asam urat sebelum melakukan pengobatan yang tepat.

Peradangan tulang

Tulang yang mengalami peradangan di bagian bawah jempol kaki dapat menyebabkan rasa sakit dan mati rasa di jempol kaki. Penyebab peradangan tulang dapat disebabkan oleh arthritis atau saraf terjepit di bagian jempol kaki.

Kekurangan vitamin B12

Vitamin B12 berfungsi untuk melancarkan sistem saraf. Ketika terjadi defisiensi vitamin B12 pada tubuh, maka ini dapat menyebabkan saraf menjadi rusak. Penderita dapat mengalami mati rasa pada jempol kaki ditambah dengan kesemutan.

Diabetes

Penderita diabetes seringkali mengalami kesemutan pada jempol kaki. Oleh sebab itu anda perlu melakukan pemeriksaan untuk mengetahui apakah anda terkena diabetes atau tidak. Jika ternyata anda memang menjadi salah satu korban diabetes, maka anda sewajibnya berhati-hati mengenai kesemutan pada jempol kaki.

Sciatica

Salah satu penyebab jempol kaki kesemutan adalah sciatica. Saraf sciatic merupakan saraf terbesar dalam tubuh. Setiap kerusakan yang terjadi pada saraf ini akan mengakibatkan lemahnya kaki yang disertai dengan kesemutan pada jari-jari kaki. Kondisi mungkin saja terjadi sewaktu masa kehamilan, dikarenakan terdapat beban tambahan dari bayi yang menambah tekanan pada tulang belakang.

Kuku rusak

Kuku jempol yang mengalami kerusakan parah juga dapat menyebabkan jari mengalami kesemutan dan mati rasa. Pada umumnya kuku yang rusak dapat diobati dengan melakukan pencabutan kuku oleh dokter.

Neuropati perifer

Ini merupakan kondisi yang sering terjadi pada orang-orang yang terkena diabetes atau perokok aktif. Neuropati perifer akan mempengaruhi pembuluh darah kecil dan besar sehingga pembuluh darah menjadi rusak dan menyebabkan gangguan pada saraf. Neuropati perifer menyebabkan mati rasa dan kesemutan. Jika hal ini tidak diobati dengan cepat maka dapat kehilangan kontrol pada kaki.

Penyakit raynaud

Penyakit ini biasanya mempengaruhi suplai darah, khususnya pada jari tangan dan kaki. Gejala penyakit raynaud meliputi rasa sakit dan mati rasa pada jempol kaki serta sensasi seperti ditusuk jarum di seluruh kaki. Kondisi ini seringkali dipicu karena cuaca dingin dan juga stres.

Berikut 6 Tips Cara Mengatasinya

1. Jika jempol kesemutan karena dari diabetes, maka hal yang paling penting dan dapat anda lakukan adalah dengan mengontrol kadar gula darah anda. Jika perawatan tepat tidak dilakukan, maka akan menyebabkan degenerasi saraf yang akan membuat mati rasa dan kesemutan menjadi lebih parah.

2. Mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin B12 menjadi hal penting dalam mengobati kondisi ini.

3. Pakailah selalu alas kaki yang anda rasa nyaman sepanjang waktu.

4. Jika anda duduk dalam jangka waktu lama saat bekerja, cobalah rileks dengan berjalan-jalan selama satu menit untuk meningkatkan sirkulasi darah.

5. Rendam kaki anda di dalam air hangat untuk sementara waktu. Cara ini akan meringankan rasa sakit dan mati rasa. Anda juga dapat menggunakan kompres dingin yang akan meningkatkan sirkulasi darah dan meredakan kesemutan.

6. Melakukan gerakan ringan pada kaki dan disertai dengan memijat kaki secara teratur akan memberikan kenyamanan pada kaki.

Jika kesemutan tidak juga sembuh dalam beberapa hari, cara yang terbaik adalah dengan berkonsultasi dengan ahli kesehatan untuk menemukan penyebabnya. Mencegah lebih baik daripada mengobati! Segera dapatkan diagnosis dari dokter untuk menghindari masalah lebih parah suatu hari nanti.

http://www.wedaran.com

Sebuah blog yang menyajikan konten berita unik, kesehatan, kisah, news dari sumber terpercaya dan masih banyak lagi.

3 komentar

Mau titip link? boleh saja asal jangan menggunakan link aktif karena secara otomatis akan masuk folder spam, dan berkomentarlah yang sesuai dengan tema artikel, terimakasih.
EmoticonEmoticon