3/05/2016

Cara Paling Mudah Mencegah dan Menghilangkan Jerawat

Masalah jerawat adalah salah satu kondisi kulit normal yang bisa mempengaruhi banyak orang. Tahukah anda bahwa jerawat sebenarnya merupakan peradangan pada kulit, dimana kelenjar sebaceous yaitu kelenjar minyak yang terinfeksi oleh bakteri kemudian membengkak dan biasanya berisi nanah. Kelenjar minyak yang menyebabkan kelebihan sebum sekresi adalah penyebab utama di balik masalah jerawat yang muncul di wajah, leher, punggung dan juga bahu. Meskipun tidak menyebabkan kondisi yang kritis, jerawat bisa membuat seseorang merasa sangat sengsara terlebih dengan penampilan mereka.

Ada banyak lotion dan obat-obatan di pasaran yang bisa digunakan untuk mengobati jerawat secara efektif namun tidak sedikit juga metode alami yang bisa kita manfaatkan dan menghasilkan efek cepat menghilangkan jerawat.

Cara Paling Mudah Mencegah dan Menghilangkan Jerawat
Cara Paling Mudah Mencegah dan Menghilangkan Jerawat


Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah dan menyingkirkan jerawat dengan bahan alami.

Setelah anda mengetahui penyebab penyebab munculnya jerawat di wajah, kini saatnya anda membekali diri dengan cara cara untuk mencegah agar jerawat tidak timbul.

Istirahat cukup

Cara pertama dan yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan mengambil waktu istirahat yang cukup mulai dari tidur yang cukup, meluangkan waktu untuk bersantai, manage stres anda, dan melakukan beberapa kegiatan yang menyenangkan.

Minum air putih yang cukup

Minum air putih dalam jumlah yang cukup minimal 6 hingga 8 gelas per hari dapat mengurangi efek penuaan dini serta dapat juga bermanfaat sebagai moisterizer. Apabila anda memiliki kulit yang tetap lembab dan sehat serta kencang, maka bisa dipastikan bahwa jerawat akan sulit untuk muncul.

Mencuci wajah secara rutin

Mencuci wajah secara rutin di pagi hari serta di sore hari akan memberikan anda banyak keuntungan dan salah satunya adalah dapat mencegah munculnya jerawat yang diakibatkan oleh polusi, kotoran maupun penyumbatan pada pori pori.

Makanan sehat

Makanan sehat bisa berasal dari buah-buahan maupun sayur-sayuran. Jika anda merasa tidak mengkonsumsinya buah-buahan atau sayuran dalam jumlah yang cukup setiap hari cobalah untuk merubah gaya hidup anda dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat tersebut. Hal tersebut sangat dianjurkan oleh dokter dan para ahli terutama bagi anda yang tidak ingin berjerawat.

Olahraga

Olahraga memiliki banyak manfaat tidak hanya dapat menyehatkan jasmani namun juga rohani. Selain itu, dengan rajin berolahraga anda juga bisa memenej stres atau mengurangi lemak di tubuh dan wajah anda. Dengan mengurangi lemak di tubuh dan wajah secara signifikan, akan memberikan beberapa keuntungan termasuk juga mencegah munculnya jerawat pada wajah.
Cara Menghilangkan Jerawat di Wajah

Untuk anda yang sudah terlanjur berjerawat, ada banyak cara yang bisa anda manfaatkan untuk menghilangkan jerawat baik itu dengan cara alami atau dengan memanfaatkan metode terapi. Beberapa cara yang sering digunakan untuk menghilangkan jerawat antara lain dengan memanfaatkan bahan alami seperti:

Gel lidah buaya

Gel atau lendir lidah buaya dapat dimanfaatkan untuk mengempeskan jerawat dengan cepat. Selain itu lendir lidah buaya juga dapat menghilangkan bekas jerawat dengan cepat. ( Baca: Cara buat masker wajah lidah buaya)

Lemon

Cara cepat untuk menyingkirkan jerawat adalah menggunakan juice lemon. Lemon terkenal kaya Vitamin C dan dapat membantu mengeringkan jerawat dengan lebih cepat. Pastikan anda menggunakan lemon yang segar, kemudian ambil airnya dan gunakan kapas bersih untuk mengolesinya ditempat atau di wajah anda yang berjerawat.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mencampurkan 1 sdm (sendok makan) juice lemon dengan 1 sdt (sendok the) bubuk kayu manis dan oleskan di wajah anda yang berjerawat lalu biarkan selama satu malam. Pada pagi hari, cuci kulit wajah anda dengan air suam-suam kuku. Namun ingat cara ini hanya efektif hanya untuk mereka yang memiliki kulit normal. Bagi anda yang memiliki kulit sensitif cara ini tidak dianjurkan. Untuk mengatasi jerawat pada kulis sensitif, silakan baca disini.

Pasta gigi

Pasta gigi yang anda gunakan setiap hari untuk membersihkan gigi dapat juga digunakan untuk mengobati jerawat dengan cepat. Pasta gigi bisa anda manfaatkan. Namun sebelumnya cobalah menggunakan es batu untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan pada jerawat. Setelah itu, oleskan pasta gigi di tempat jerawat muncul. Jangan gunakan pasta gigi yang mengandung gel, namun gunakanlah pasta gigi yang berwarna putih.

Diamkan pasta gigi tersebut selama semalaman. Lalu pada pagi harinya, cuci muka anda dengan air dan anda akan melihat perubahan yang signifikan. Pembengkakan akan jauh berkurang dan jika anda ingin mengulanginya anda bisa menulis dengan pasta gigi kembali pada siang hari. Anda harus memastikan bahwa pasta gigi setidaknya menempel di tempat jerawat selama paling kurang setengah jam.

Uap

Jika anda memiliki tempat mandi yang dilengkapi dengan pilihan air panas, atau anda juga bisa memanfaatkan air rebusan untuk menghasilkan uap. Saat anda memiliki jerawat, uap akan berfungsi untuk membuka pori-pori wajah anda dan dapat menghasilkan kulit yang lebih bersih karena buat akan memberikan kesempatan pada wajah untuk bernafas.

Dengan terbukanya pori-pori karena uap yang hangat, hal tersebut akan menyingkirkan banyak minyak serta kotoran dan juga bakteri yang terperangkap di pori-pori. Semua itu, kotoran, bakteri dan lain-lain sebenarnya penyebab infeksi atau peradangan.

Bawang putih

Bawang putih merupakan antivirus, anti jamur, antiseptik, dan juga antioksidan yang dapat membantu dalam pengobatan jerawat secara cepat. Sulfur dalam bawang putih juga sangat baik untuk penyembuhan jerawat.

Cara pemanfaatannya sangat mudah, potong 1 siung bawang putih segar menjadi dua bagian. Lalu gosokkan bawang putih pada jerawat dan biarkan selama 5 menit. Setelah itu cuci kulit wajah dengan air suam-suam kuku dan ulangi beberapa kali sehari.

Perhatian! Bawang putih memiliki sifat yang panas dan menyebabkan sensasi terbakar. Oleh sebab itu, sangat penting bagi anda untuk memperhatikan lama waktu yang diberikan untuk satu kali pemakaian bawang putih pada jerawat. 5 menit adalah waktu maksimal dan segera cuci wajah anda dengan menggunakan air hangat.

Tidak hanya digunakan sebagai obat luar, bawang putih sebenarnya juga bisa dikonsumsi setidaknya satu siung setiap hari untuk membantu membersihkan darah. Namun perlu diperhatikan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi bawang putih terutama yang mentah dapat mengganggu lambung.

Yang perlu anda perhatikan saat berjerawat, jangan memencet atau memecahkan jerawat dengan menggunakan tangan terutama yang kotor karena dapat menimbulkan infeksi dan menyebabkan luka di wajah yang sulit sembuh. Sangat dianjurkan bagi anda yang berjerawat untuk banyak mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah buahan serta air putih.(tipkecantikan.com)

Sebuah blog yang menyajikan konten berita unik, kesehatan, kisah, news dari sumber terpercaya dan masih banyak lagi.

6 komentar


EmoticonEmoticon